Jokowi : Lockdown Tak Jamin Akan Menekan Penyebaran Covid-19

oleh -8.830 views
Banner Iklan Sariksa

BINADOW.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas tentang pendisiplinan melawan Covid-19 di Istana, Bogor (29/1/2021).

Dalam pernyataannya, Jokowi meminta para menterinya menghitung secara tepat setiap kebijakan yang diambil untuk menekan kasus Covid-19 agar pelaksanaannya efektif.

Pernyataannya itu merujuk pada pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Masyarakat (PPKM), yang belum mampu menekan laju penularan Covid-19. Dia bilang, implementasi kebijakan PPKM belum dilaksanakan secara konsisten.

“Menurut saya hati-hati ini turun, ekonomi turun, ada PPKM ekonomi turun. Sebetulnya enggak apa-apa, asal Covid-nya juga turun. Tapi ini kan enggak,” kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (31/1/2021).

Memang, lanjut Jokowi, saat ini tidak ada formula yang efektif dalam menangani Covid-19. Kebijakan negara lain yang sukses menekan kasus Covid-19, belum tentu bisa diterapkan di Indonesia.

Dia juga menegaskan, bahkan negara yang menerapkan karantina wilayah (lockdown) sekalipun belum tentu berhasil menekan penyebaran Covid-19.

“Yang lockdown pun, eksponensial juga,” kata Jokowi yang merujuk pada kasus Covid-19 yang meningkat.

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta para menterinya mengkalkulasi dengan cermat setiap kebijakan yang akan diambil untuk menekan laju penularan Covid-19.

“Menurut saya coba dilihat lagi tolong betul-betul dikalkulasi. Betul-betul dihitung sehingga kita mendapatkan sebuah formula yang memang (tepat), formula standar itu enggak ada,” kata Jokowi.


Sumber : KONTAN.CO.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *